Lompat ke isi utama

Berita

Tingkatkan Kinerja Pengawasan Pemilu, Panwaslih Abdya Gelar Apel HUT Ke 16 Bawaslu RI

Dokumentasi Apel Hut Ke 16 Bawaslu RI di Halaman Sekretariat Panwaslih Kabupaten Aceh Barat Daya, Selasa 16 April 2024

Blangpidie, Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melaksanakan apel peringatan Hari Lahir ke-16 Bawaslu RI sekaligus rangkaian halal bi halal pasca hari raya idul fitri 1445 H dan penyerahan plakat kepada komisioner periode tahun 2018-2023 yang berlangsung di kantor Panwaslih Kabupaten Abdya pada hari Selasa, 16 April 2024.

Ketua Panwaslih Kabupaten Abdya Hendra mengatakan bahwa Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memiliki peran sentral dan tanggung jawab yang besar dalam penguatan kualitas demokrasi Indonesia. 

“Bawaslu menjadi garda terdepan dalam memastikan bahwa proses demokrasi di Indonesia berjalan dengan baik, adil dan berintegritas, serta memberikan jaminan kepada masyarakat bahwa suara mereka dihargai dan diwujudkan dalam hasil pemilu yang akurat dan transparan”, ucap Hendra.

Sejak dibentuk pada Tahun 2008, pada 9 April Tahun 2024 Bawaslu  berusia 16 tahun. Peringatan ulang tahun ke-16 Bawaslu merupakan momen penting yang menandai perjalanan panjang Bawaslu dalam menjalankan tugasnya sebagai pengawas pemilu di Indonesia. Sebab, dalam rentang waktu tersebut terdapat berbagai tantangan dan hambatan dalam memperjuangkan integritas pemilu yang berkualitas, imbuhnya.

Hendra juga menyampaikan bahwa peringatan ulang tahun Bawaslu yang bertepatan dengan Penyelenggaraan Pemilu 2024 ini juga menjadi kesempatan untuk memperingati pencapaian dan kontribusi yang telah dilakukan Bawaslu, refleksi terhadap peran dan kiprah Bawaslu, sekaligus menjadi kesempatan untuk memperkuat hubungan dengan berbagai stakeholder pemilu, seperti KPU, DKPP, partai politik, LSM, dan masyarakat umum.

Momentum keberhasilan pengawasan pemilu serentak tahun 2024, merupakan fase kematangan Badan Pengawas Pemilihan Umum. Bawaslu selama 16 Tahun terus mengawasi dan berproses untuk mewujudkan pemilu yang berintegritas. Dengan rasa bangga dan haru, Panwaslih Kabupaten Aceh Barat Daya mengucapkan selamat hari ulang tahun yang ke 16 kepada Bawaslu Republik Indonesia, dengan momentum ulang tahun ini, semoga dapat memberikan inspirasi positif, semangat yang luar biasa terhadap kita dalam menjalankan tugas untuk mewujudkan keadilan pemilu.

Apel Peringatan HUT ke 16 Bawaslu RI tahun ini turut dihadiri oleh demisioner Panwaslih Abdya periode tahun 2018-2023 dan seluruh Jajaran Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Aceh Barat Daya.

Humas Panwaslih Kabupaten Aceh Barat Daya